Halo :) Selamat Datang di blog saya, dalam blog ini kebanyakan sih cerita tentang perjalanan hidup saya mungkin ada beberapa juga info yang saya beri didalam blog ini. so enjoy reading ;) ♥

Monday, May 14, 2012

Tipe Kepribadian Dasar Manusia

Setiap manusia memiliki tipe kepribadian yang berbeda-beda. Di postingan kali ini gue mau ngejabarin beberapa tipe kepribadian manusia. Selamat membaca!

1. Dominance/Koleris adalah tipe seseorang yang sangat berorientasi menjadi pemimpin dalam hal apa saja. Orang tipe ini mempunyai ambisi, gairah dan energi untuk menjadi lebih dominan di antara orang lain di sekitarnya. Dia juga sangat aktif menyelesaikan masalah dan tantangan, namun punya sifat negatif yaitu mudah marah dan tidak sabaran. Tugas dan pekerjaan yang cocok adalah pekerjaan dengan beban target, pekerjaan yang menuntut menghasilkan lebih banyak, pekerjaan yang menuntut menyelesaikan waktu yang cepat, pekerjaan  yang membutuhkan pengambilan keputusan yang cepat, pekerjaan yang sifatnya baru dan menantang.

2. Influence/Sanguinis adalah tipe seseorang yang sangat mengutamakan hubungan baik dengan orang lain (people oriented). Orang yang sangat optimis, ceria, percaya diri dan populer ini biasanya mempunyai energi dan gairah yang besar, namun kesulitan mengarahkan penggunaan energinya. Tugas dan pekerjaan yang cocok adalah pekerjaan yang memerlukan kreatifitas, pekerjaan yang memerlukan sentuhan "ringan", motivator, pembaca seminar (speaker), pekerjaan yang memungkinkan bertemu dengan banyak orang, pekerjaan yang melibatkan banyak orang.

3. Steadlness/Phlegmatis adalah tipe orang yang berorientasi pada kehidupan damai tanpa konflik dan kestabilan dalam segala hal. Mereka tidak menyukai kejutan-kejutan dan sesuatu yang sifatnya mendadak atau sangat sulit berubah. Orang ini biasanya mempunyai banyak teman, namun bersifat pasif dalam hubungan pertemanan. Tugas dan pekerjaan yang cocok adalah bekerja dalam sebuah tim, pekerjaan administratifnya baik (telaten), pekerjaan yang sifatnya rutin, teratur dan butuh diatasi secara objektif, sebagai penengah, mengerjakan satu hal dalam satu waktu, pekerjaan yang dapat diperkirakan dahulu hasilnya di kemudian hari.

4. Conscientiousness/Melankolis adalah tipe yang terobsesi pada kesempurnaan dan keteraturan. Orang ini bisa sangat kreatif dan cerdas/analisanya mendalam, namun tidak bisa mengambil keputusan yang cepat karena terlalu banyak pertimbangan akibat kesempurnaan standar kualitas kerja yang tinggi yang ingin didapatkannya. Orang tipe ini juga mudah tertekan jika harus mengompromikan kesempurnaan standar hasil pekerjaannya. Tugas dan pekerjaan yang cocok adalah pekerjaan yang membutuhkan ketelitian terhadap detail, pekerjaan yang membutuhkan kemampuan analisi mendalam, pekerjaan yang memerlukan kesempurnaan tinggi, pekerjaan yang sifatnya merupakan tindak lanjut.

No comments:

Post a Comment